Sabtu, 08 Mei 2010

Komputer Untuk Komunikasi Dengan Tuna Rungu

Sekali lagi, teknologi komputer dianggap sebagai salah satu produk teknologi yang paling berjasa bagi manusia dewasa ini. Hal ini dibuktikan dengan penemuan sejumlah alat berbasis komputer yang mampu membantu manusia dalam banyak hal.

Seperti baru-baru ini yang dikembangkan oleh para tenaga ahli dari IBM, salah satu perusahaan komputer terbesar saat ini. Tim peneliti dari IBM mengembangkan teknologi yang diberi nama SiSi atau Say it Sign it, sebuah teknologi komputer yang berfungsi untuk membantu kaum tuna rungu agar bisa lebih bebas berkomunikasi.
SiSi bekerja dengan menerjemahkan bahasa suara dalam bahasa sinyal yang dimengerti oleh kaum tuna rungu. Dengan sarana ini, maka orang yang berbicara, suaranya akan direkam, dan dengan teknologi ini akan segera diubah jadi bahasa yang dimengerti tuna rungu dengan perantaraan avatar di komputer.

Meski begitu, pihak IBM mengatakan bahwa ini masih dalam bentuk prototipe alias masih dalam tahap uji coba. Karena itu, SiSi sementara baru bisa digunakan dalam bahasa Inggris British karena pembuatannya di pusat riset IBM di Hursey, Inggris. Ke depan, diharapkan teknologi ini dapat dikomersilkan dengan dilengkapi bahasa asing lainnya.

Tentu, kita berharap teknologi ini akan segera bisa tersebar luas. Dengan begitu, saudara-saudara kita yang mengalami masalah dengan pendengarannya akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar