Sabtu, 08 Mei 2010

ATASI berbagai KESULITAN Anda Membantu Anak-Anak BELAJAR MEMBACA ". . . seaktif apapun mereka, sesibuk apapun Anda . . ."

Kemampuan membaca adalah salah satu keterampilan sangat penting yang dibutuhkan anak-anak mengarungi dunia pembelajaran. Berbagai metode belajar membaca pun bermunculan untuk membantu para guru dan orang tua mengajarkan ketrampilan ini. Selamat Sore Bapak/Ibu,
Kemampuan membaca adalah salah satu keterampilan sangat penting yang dibutuhkan anak-anak mengarungi dunia pembelajaran. Berbagai metode belajar membaca pun bermunculan untuk membantu para guru dan orang tua mengajarkan ketrampilan ini.
Akan tetapi, metode saja sebetulnya tidak cukup, sebab SETIAP ANAK ITU UNIK, dan keunikan itu membutuhkan layanan metode yang berbeda-beda. Yang lebih menentukan adalah pemahaman orang tua tentang bagaimana sebetulnya anak-anak itu belajar.
Tarik-menarik pendapat tentang kapan anak bisa mulai diajari membaca memang masih saja terjadi. Beberapa pihak tidak setuju pengajaran membaca dilakukan terlalu dini, karena khawatir hal itu menyebabkan efek buruk pada anak-anak, yaitu terampasnya masa bermain mereka.
Akan tetapi, berdasarkan temuan dan pengalaman beberapa ahli pembelajaran yang sudah diterima akhir-akhir ini, sesungguhnya bukan patokan usia yang paling menentukan boleh tidaknya seorang anak belajar membaca, melainkan lebih pada bagaimana cara mengajarkannya. Inilah yang banyak tidak dipahami para orang tua, bahkan termasuk para guru sekalipun.
Ada banyak "pintu masuk" ke otak anak, namun sering yang terjadi kita memaksakan diri masuk lewat "pintu yang salah". Lagi-lagi ini terjadi karena pemahaman yang keliru tentang cara mengajarkan keterampilan itu, tanpa membuat anak-anak menjadi stress dan kehilangan kesenangan bermainnya.
SEHARUSNYA, belajar membaca itu BISA menjadi SAAT-SAAT YANG PALING MENYENANGKAN bagi anak-anak. Jika tidak terjadi demikian, berarti ADA YANG SALAH!
Jika orang tua tahu caranya, maka belajar membaca juga akan dirasakan anak sama asyik dan gembiranya seperti ketika mereka memeluk boneka atau berlarian di lapangan tanpa sendal jepit.
Bila orang tua memahami hal-hal mendasar ini, maka menciptakan suasana belajar membaca seindah itu ternyata mudah sekali. Bahkan tidak akan menyita waktu orang tua yang super sibuk sekalipun....
Karena itulah, buku ini hadir ke hadapan pembaca untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi orang tua (dan guru) agar bisa membantu anak-anaknya (apapun gaya belajar mereka, seaktif apapun mereka) bisa dan juga suka membaca, tanpa terbebani oleh kebingungan memilih metode dan alat khusus, yang mungkin terlalu beragam jumlahnya.
Intinya, anak bisa dan suka membaca, masalahnya ada pada orang tua (dan guru), dan bukan pada anak-anak kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar